Berkenalan dengan analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan analisis yang didasarkan dari beberapa sudut pandang diantaranya yaitu Strength atau kekuatan, Weakness atau kelemahan, Opportunity atau peluang, dan Treats atau ancaman.
Analisis SWOT merupakan analisis yang didasarkan dari beberapa sudut pandang diantaranya yaitu Strength atau kekuatan, Weakness atau kelemahan, Opportunity atau peluang, dan Treats atau ancaman.
Sejarah analisis SWOT
Analisis SWOT ini pertama kali digunakan dan diperkenalkan oleh Albert S.Humphrey. Pada saat itu Humphrey melakukan penelitian di Stamford University pada tahun 1960 - 1970 dengan analisa perusahaan yang bersumber dari Fortune 500. Walaupun begitu, analisa ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1920 an. Analisa ini merupakan bagian dari Harvard Policy Model yang dikembangkan oleh Harvard Business School atau yang dalam bahasa Indonesia "Sekolah Bisnis Harvard". Model analisis SWOT ini, saat pertama kali digunakan terdapat beberapa kelemahan yang penting yaitu analisa yang dibuat masih bersifat deskriptif dan belum disertai strategi strategi, pemecahan pemecahan, dan penyelesaian penyelesaian yang masih bisa dikembangkan dari analisis tentang kelebihan kekurangan yang telah dilakukan.
Analisis SWOT ini pertama kali digunakan dan diperkenalkan oleh Albert S.Humphrey. Pada saat itu Humphrey melakukan penelitian di Stamford University pada tahun 1960 - 1970 dengan analisa perusahaan yang bersumber dari Fortune 500. Walaupun begitu, analisa ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1920 an. Analisa ini merupakan bagian dari Harvard Policy Model yang dikembangkan oleh Harvard Business School atau yang dalam bahasa Indonesia "Sekolah Bisnis Harvard". Model analisis SWOT ini, saat pertama kali digunakan terdapat beberapa kelemahan yang penting yaitu analisa yang dibuat masih bersifat deskriptif dan belum disertai strategi strategi, pemecahan pemecahan, dan penyelesaian penyelesaian yang masih bisa dikembangkan dari analisis tentang kelebihan kekurangan yang telah dilakukan.
Komponen SWOT
Adapun komponen komponen SWOT adalah sebagai berikut:
1.(S) Strength atau Kekuatan.
Analisis Strength merupakan analisis kekuatan. Aspek yang dinilai dari analisis ini adalah segala hal atau keadaan yang merupakan kekuatan dari organisasi atau perusahaan. Dari analisis ini, hal hal yang harus dilakukan oleh organisasi atau perusahaan adalah menilai kekuatan yang dimilikinya kemudian dibandingkan dengan pesaingnya.
Misalnya: sebuah perusahaan memiliki teknologi yang lebih unggul daripada para pesaingnya. Maka perusahaan ini bisa menggunakan keunggulannya untuk mengisi segmen pasar yang dimana kualitas dan teknologi yang maju sangat diperlukan.
2.(W) Weakness atau kelemahan.
Analisis Weakness merupakan analisis kelemahan. Aspek yang dinilai dari analisis ini adalah segala hal atau keadaan yang merupakan suatu kelemahan dari organisasi atau perusahaan. Analisis ini merupakan cara mengetahui kelemahan yang menghambat dan menjadi kendala serius dalam kemajuan organisasi maupun perusahaan.
3.(O) Opportunity atau peluang.
Analisis Opportunity adalah analisis peluang. Maksudnya, analisis ini bertujuan untuk menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada yang bisa membuat perusahaan atau organisasi bisa berkembang di masa depan.
4.(T) Treats atau ancaman.
Analisis Treats adalah analisis ancaman. Analisis ini bermaksud untuk mengidentifikasi ancaman yang ada dari luar seperti pesaing baru dan faktor lingkungan. Ancaman yang ada harus segera diatasi, jika tidak segera diatasi maka akan menghambat kemajuan organisasi atau perusahaan baik di masa sekarang ataupun di masa depan.
Sekian artikel tentang analisis SWOT, apabila ada kekurangan saya mohon maaf dan mohon koreksinya.
Adapun komponen komponen SWOT adalah sebagai berikut:
1.(S) Strength atau Kekuatan.
Analisis Strength merupakan analisis kekuatan. Aspek yang dinilai dari analisis ini adalah segala hal atau keadaan yang merupakan kekuatan dari organisasi atau perusahaan. Dari analisis ini, hal hal yang harus dilakukan oleh organisasi atau perusahaan adalah menilai kekuatan yang dimilikinya kemudian dibandingkan dengan pesaingnya.
Misalnya: sebuah perusahaan memiliki teknologi yang lebih unggul daripada para pesaingnya. Maka perusahaan ini bisa menggunakan keunggulannya untuk mengisi segmen pasar yang dimana kualitas dan teknologi yang maju sangat diperlukan.
2.(W) Weakness atau kelemahan.
Analisis Weakness merupakan analisis kelemahan. Aspek yang dinilai dari analisis ini adalah segala hal atau keadaan yang merupakan suatu kelemahan dari organisasi atau perusahaan. Analisis ini merupakan cara mengetahui kelemahan yang menghambat dan menjadi kendala serius dalam kemajuan organisasi maupun perusahaan.
3.(O) Opportunity atau peluang.
Analisis Opportunity adalah analisis peluang. Maksudnya, analisis ini bertujuan untuk menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada yang bisa membuat perusahaan atau organisasi bisa berkembang di masa depan.
4.(T) Treats atau ancaman.
Analisis Treats adalah analisis ancaman. Analisis ini bermaksud untuk mengidentifikasi ancaman yang ada dari luar seperti pesaing baru dan faktor lingkungan. Ancaman yang ada harus segera diatasi, jika tidak segera diatasi maka akan menghambat kemajuan organisasi atau perusahaan baik di masa sekarang ataupun di masa depan.
Sekian artikel tentang analisis SWOT, apabila ada kekurangan saya mohon maaf dan mohon koreksinya.
0 komentar:
Posting Komentar